PDA

View Full Version : Nurdin Berulah, PSSI Kena Getah


Pandan Kuning
06-10-2007, 10:31 PM
dari detik.com

Apa jadinya PSSI jika dipimpin seseorang yang kerap dijerat hukum? Tanyakan kepada seluruh masyarakat Indonesia yang berpikiran normal, pasti memalukan.

Sepakbola Indonesia memang kembali dibuat gusar. Ulah ketua umum asosiasi sepakbolanya membuat banyak pihak menutup wajah karena malu.

Nurdin Halid, orang nomor satu di PSSI kembali terjerat kasus korupsi. Setelah sempat berkutat dengan kasus gula dan beras impor, bahkan sempat merasakan pengalaman berada di balik jeruji penjara, kini ia bersiap untuk kembali mengalaminya berkat kasus korupsi minyak goreng.

Melihat banyaknya kasus yang dihadapi Nurdin dan mayoritas putusan bersalah jatuh di pihaknya, sungguh miris melihat PSSI yang sekarang ini. Citra PSSI sendiri jadi terusik lebih buruk dari sebelumnya. Bak sebuah pepatah Jawa, "anak polah bapa kepradah", apapun yang dilakukan seorang anak juga bakal ikut ditanggung oleh orangtuanya.

Pertanyaan yang terus menerus mengemuka pun muncul kembali. Kali ini mungkin lebih pedas dari sebelumnya, masih pantaskah Nurdin memimpin PSSI dan terus memperburuk citra organisasi ini?

Gambarannya cukup jelas, Nurdin terlalu banyak memunculkan kontroversi. Mulai dari kasus korupsi spesial sembako, hingga keputusannya untuk menggunakan hak prerogratif sebagai ketua umum.

Lihat saja Persebaya Surabaya yang lolos dari jeratan hukum meski telah melecehkan kompetisi bikinan PSSI. Belum lagi putusan-putusan lain yang tak jarang membuat dahi berkerut.

Dalam tinjauan struktural pun patut dipertanyakan. PSSI yang anggarannya didapat dari APBD dan berada di bawah Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga (Menegpora) harusnya mengikuti aturan pemerintah dalam penunjukan siapa yang bekerja di dalamnya.

Nurdin Halid sepertinya sudah tidak layak memimpin mengingat ia tak lagi berhak mendapat SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) karena beberapa kali berhadapan dengan hukum yang berlaku di Indonesia. Padahal SKCK merupakan syarat mutlak untuk bisa menjadi pegawai negeri sipil.

Dan jika membandingkan dengan negara tetangga, belum ada ketua umum asosiasi sepakbola yang sekontroversi Nurdin Halid. Bahkan jika melongok jauh ke Eropa sana, tiap ketua umum memiliki prestasi berderet, bukan catatan kontroversi yang panjang.

Michel Platini misalnya. Tak usah mempertanyakan lagi kualitasnya sebagai pemain dan catatan prestasinya sebelum menjabat sebagai presiden UEFA. Sepp Blater apalagi.

Terlalu jauh memang jika membandingkan Nurdin dengan kedua sosok tersebut, namun itu hanyalah gambaran nyata bahwa prestasi harusnya lebih dikedepankan untuk membawa visi-visi sepakbola dunia.

Akan tetapi, hegemoni Nurdin Halid di PSSI sudah terlalu besar. Untuk memotongnya butuh orang-orang yang berjiwa militan, pembaharu dan revolusioner, sosok yang sudah menjadi dambaan Republik Indonesia saat ini.

Dan rezim Nurdin pun akan berkelanjutan. Untuk sementara, hingga Nurdin Halid bebas dari hukuman penjara yang harus dijalaninya selama dua tahun, jika tidak dipotong grasi dan sebagainya, Nirwan Bakrie akan menjadi pemegang kekuasaan sementara, atau lebih tepatnya penghubung Nurdin dari balik jeruji besi.

PSSI sendiri juga sepertinya tak berkeberatan dipimpin oleh sosok yang penuh kontroversi. "Belum waktunya Pak Nurdin diminta mundur dari jabatan ketua umum PSSI. Di pedoman dasar tidak diatur soal pelanggaran kasus hukum, yang ada Cuma masalah bola," ungkap Ketua Komite Media Exco Mafirion (17/90/2007) kemarin.

Jika memang demikian tinggal kerelaaan Nurdin saja untuk melepas posisinya di PSSI, untuk sedikit memulihkan citra PSSI yang terus memburuk. Toh visi mulianya membawa Indonesia ke Piala Dunia 2020 bisa diteruskan suksesornya nanti

alphasierra
06-10-2007, 10:41 PM
Semua gak jauh-jauh dari duit ... :siul

messidona
30-10-2007, 01:10 PM
Sepakbola Indonesia Tidak Putus Dirudung Malang: Minim Prestasi, Banyak Kontroversi... Berbicara Sepak Bola Indonesia memang tidak ada habisnya apalagi setelah Ketumnya Tanpa Moralitas dan "Muka Badak" terus bertahta di singgasana kebesarnnya di GBK. Ternyata di Indonesia ini tidak cukup hanya bersuara kritis saja untuk menurunkan orang sekaliber Nurdin dari tahtanya, namun perlu juga sokongan moral dari dunia Internasional khususnya Induk Sepak Bola Dunia (FIFA) untuk mempermaslahkan kepemimpinan Nurdin di PSSI karena sesuai aturan di FIFA orang yang bermasalah dengan hukum tidak dibenarkan memimpin Institusi Sepakbola di sebuah negara. Dan kita berharap banyak FIFA dalam sidangnya tanggal 28 Oktober di zurich, Swiss bisa memberikan tekanan kepada PSSI untuk segera melengserkan Nurdin dari kursi Kepemimpinannya, Publik Sepakbola Indonesia tentunya tidak ingin Indonesia masuk dalam daftar hitam FIFA sehingga tidak diperbolehkan ikut dalam event-event Internasional karen dipimpin oleh seorang Terpidana... Karena sekali lagi sulit mengharapkan Nurdin mundur, apalagi loyalisnya di PSSI masih begitu banyak, dan paling penting bagi mereka "anjing menggonggong nurdin tetap bertahta"....:kesal:kesal

yasserganteng
30-10-2007, 02:19 PM
Sepakbola Indonesia Tidak Putus Dirudung Malang: Minim Prestasi, Banyak Kontroversi... Berbicara Sepak Bola Indonesia memang tidak ada habisnya apalagi setelah Ketumnya Tanpa Moralitas dan "Muka Badak" terus bertahta di singgasana kebesarnnya di GBK. Ternyata di Indonesia ini tidak cukup hanya bersuara kritis saja untuk menurunkan orang sekaliber Nurdin dari tahtanya, namun perlu juga sokongan moral dari dunia Internasional khususnya Induk Sepak Bola Dunia (FIFA) untuk mempermaslahkan kepemimpinan Nurdin di PSSI karena sesuai aturan di FIFA orang yang bermasalah dengan hukum tidak dibenarkan memimpin Institusi Sepakbola di sebuah negara. Dan kita berharap banyak FIFA dalam sidangnya tanggal 28 Oktober di zurich, Swiss bisa memberikan tekanan kepada PSSI untuk segera melengserkan Nurdin dari kursi Kepemimpinannya, Publik Sepakbola Indonesia tentunya tidak ingin Indonesia masuk dalam daftar hitam FIFA sehingga tidak diperbolehkan ikut dalam event-event Internasional karen dipimpin oleh seorang Terpidana... Karena sekali lagi sulit mengharapkan Nurdin mundur, apalagi loyalisnya di PSSI masih begitu banyak, dan paling penting bagi mereka "anjing menggonggong nurdin tetap bertahta"....:kesal:kesal

menurut gw disamping nurdin salah,, ketua KONI yg cewe sapa tuh namanya rita sapa gtu yg salah... karena waktu kmrn2 nurdin korupsi bulog , agum langsung memberhent tugaskan nurdin, so emang pejabat dah ga mau tau lg kek nya.. mana hasil kerja exco yg heboh dibuat?? nope

alphasierra
31-10-2007, 08:31 AM
Ada berita baik tuh ...

FIFA Instruksikan Nurdin Halid Diganti (http://www.detiksport.com/ligaindonesia/index.php/home.read/tahun/2007/bulan/10/tgl/31/time/003503/idnews/846724/idkanal/76)

alphasierra
31-10-2007, 08:37 AM
Lah ... Kok berita baiknya jadi berita buruk ...

PSSI Tidak Akan Copot Jabatan NH (http://www.okezone.com/index.php?option=com_content&task=view&id=57362&Itemid=147) :kesal :kesal :kesal

Dann496
31-10-2007, 08:48 AM
IMHO, tindakan FIFA kali ini sudah tepat sekali. Awalnya PSSI hanya diberi teguran halus berupa "rekomendasi FIFA" untuk segera mengganti NH. Masalahnya terletak pada Kabinet NH yang selalu siap beramai ramai melindungi sang "boss" dengan resiko apa saja sekalipun itu mengorbankan sepakbola nasional.

Kalau PSSI terus bersikeras menolak teguran FIFA ini baik secara halus maupun terang2an, ini pasti akan menyebabkan FIFA marah besar dan memberikan sanksi lebih jauh pada Indonesia.

Saya juga ragu kalau AFC akan berpihak pada PSSI krn sebagai salah satu "kaki" dari FIFA maka AFC pasti akan memastikan amanat FIFA dijalankan dengan baik oleh salah satu anggotanya.

Simply Red
31-10-2007, 10:46 AM
Bisa dibilang, PSSI adalah kerajaan milik Nurdin Halid. Dan beberapa pengurus PSSI terlebih yg duduk di EXCO (Exevutive Comitte) pasti pasang badan buat ketuanya (ya iyalah mereka dipilih lgsg oleh NH).

Kayanya gw melihat NH memaksakan tetap duduk menjadi ketua PSSI krn berbagai faktor politis yg bs meringankan hukuman dia. Hal inilah yg membuat malu bangsa Indonesia di mata dunia (terutama kalangan sepakbola) kok ada ketua organisasi yg memimpin dari hotel prodeo...dan parahnya sdh 2x...:gila :nyempil

Terus terang gw sdh antipati dgn org2 PSSI dan pengurus sepakbola...tp gw tetap cinta :wah dgn timnas Indonesia....:srd

AngelTouch
31-10-2007, 01:55 PM
sayang dah ga ada H.Susanto,coba masih ada,pasti munaslub dah digelar nih skrng juga ..

Simply Red
31-10-2007, 02:44 PM
sayang dah ga ada H.Susanto,coba masih ada,pasti munaslub dah digelar nih skrng juga ..

Yakin loh bang Hermes? :gila

Alm. H. Susanto itu salah satu suksesor yg membawa Nurdin Halid naik menjadi ketua PSSI mengalahkan EE Mangindaan (cmiiw). Trus inget dgn kasus Persebaya yg kabur pas babak final 8 besar yg diadakan di Jkt? Manager Persebaya saat itu (alm) H. Santo loh...trus akhirnya Persebaya cuman dpt hukuman yg cukup ringan (imo).

So, (alm) H. Santo adalah salah satu orang Nurdin Halid. :ups

markasudi
02-11-2007, 03:50 PM
buat saya ini lawakan terbaru dari PSSI, gak masuk akal, seorang yg dipenjara tetap ngotot dipertahankan jadi ketua PSSI, kalo si nurdin ganti jabatan jadi PSSP (Persatuan Sepakbola Seluruh Penjara) mungkin masih gak masalah...

harusnya malu kalo masalah beginian aja FIFA ampe ngasih instruksi, apalagi wapres ampe mengeluarkan pernyataan cuma untuk masalah yg seharusnya tidak menjadi masalah

jadi kesimpulannya apapun yg terjadi, nurdin gak pantas mimpin PSSI, dan anehnya pengurus PSSI kok mau dipimpin ama seorang maling hehehehhe

milanisti_dragon
02-11-2007, 04:38 PM
^^ gw

emang dia mah...GAK TAU MALUUUUUK :marah

Pepe_7
02-11-2007, 04:40 PM
karena pengurus PSSI nya sekarang, sebagian komplotannya maling jg bro...
klo pentolannya turun, mreka mau makan apa.... :gila

Ucup Carrick
03-11-2007, 11:06 PM
kalo indonesia akhirnya seperti kuwait...siap2in telor...tomat busuk...lempari sekretariat PSSI!!!:pk

Dann496
04-11-2007, 10:55 PM
Buat apa ? abis2in duit aja beli tomat busuknya plus dgn resiko digebukin dan ditangkap polisi.

Kalau NH mau ngotot begitu, ya sudah biarkan saja sepakbola nasional mati dengan sendirinya. Mungkin memang harus ada tindakan ekstrim seperti ini yang kelak bisa memancing prestasi sepakbola nasional ke arah yang lebih baik bukan mundur teratur seperti sekarang ini.

Vandiemensland
05-11-2007, 10:31 AM
mungkin kalo timnas maen harus diboikot biar imbas bisa kena ke pssi juga...tapi kesian tinmasnya ya....serba salah :nohope

redhat
05-11-2007, 03:00 PM
lol

mau gimana lagi ? wong induk sepakbola-nya lebih sibuk melindungi kepentingan sendiri daripada ngurus timnas secara bener.

Gak papa deh, sekali2 mungkin perlu shock therapy untuk sepakbola nasional agar bisa bangkit lagi... :serbu

Dann496
05-11-2007, 11:14 PM
Ini AFC juga aneh bin ajaib..... :gila

Masa hanya suruh PSSI mengubah statuta sesuai permintaan FIFA tetapi tidak pada keharusan NH utk turun tahta. Benar2 ngga nyambung antara AFC dengan induknya FIFA padahal FIFA sudah jelas menolak mengakui NH.

LINK (http://www.detiksport.com/ligaindonesia/index.php/home.read/tahun/2007/bulan/11/tgl/05/time/223939/idnews/848858/idkanal/76)

ary_cr7
21-12-2007, 10:02 AM
Seharusnya, NH jadi pemain terbaik dunia gara gara ulahnya ga mao mundur dari PSSI :united , liat aja, FIFA aja disepelein ama NH...

REFORMASI PSSI SEGERA !!! :sos